Spread the love
  • KOMPONEN DELIVERY
  • Persyaratan
    1. Surat Permohonan;
    2. NIB untuk usaha mikro.
    3. Sistem Mekanisme dan Prosedur
    4. Pemohon mengambil nomor antrian;
    5. Pemohon menyerahkan kelengkapan berkas kepada petugas loket;
    6. Pemohon menunggu verifikasi berkas oleh petugas;
    7. Pemohon menerima tanda terima berkas dari Petugas Lokat;
    8. Pemohon membayar ke loket;
    9. Pemohon mengambil Izin di loket pengambilan
    10. Jangka Waktu Penyelesaian

Paling lama 1 (satu) hari kerja

  • Biaya

Rp. – (Tidak ada biaya)

  • Produk Pelayanan

Izin Usaha Mikro dan Kecil

  • Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Hp  : 0822 3720 4273, Email : kpptngada@gmail.com, website : dpmptsp.ngadakab.go.id

  • KOMPONEN MANUFACTURE
  • Definisi Dan Ruang Lingkup

Usaha mikro adalah usaha produktif milik orang-perorangan atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria, memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 50.000.000,- tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 300.000.000,-. Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri yang dilakukan oleh orang-perorang atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar dengan kriteria memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp. 50 Juta sampai dengan paling banyak Rp. 500 Juta, tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp. 300 Juta sampai dengan paling banyak Rp. 2,5 Milyar [UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Kecil Menengah].

  1. Dasar Hukum:
  2. Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor 77 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Di Bidang Perdagangan
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik
  4. Sarana, Prasarana dan/atau Fasilitas:

Ruang tunggu yang memadai, toilet, lapangan parkir, mobil dan motor dinas, lemari dokumen, meja dan kursi, ruangan arsip, rak arsip, AC, komputer dan sistem jaringan, internet, alat tulis kantor.

  1. Kompetensi Pelaksana:
  2. Memahami Peraturan Perundang-undangan yang berlaku
  3. Memahami orientasi Perindustrian dan perdagangan, pergudangan, ekonomi bisnis
  4. Mampu mengoperasikan komputer
  5. Mampu bekerja secara tim
  6. Berkeahlian di bidang:Perindustrian dan perdagangan, pergudangan, ekonomi bisnis
  7. Masa Berlaku Izin

Selama kegiatan usaha berlangsung

  1. Jumlah Pelaksana
  2. Front office,(petugas loket penerimaan berkas): 1 orang
  3. Back office,(petugas pencetakan dokumen): 1 orang
  4. Back Office, atasan langsung yang berkewenangan (Kasie, Kabid, KTU): 3 orang
  5. Back Office, Adminisrator (tata usaha dan arsip: 1 orang), (operator komputer: 1 orang)
  6. Tim teknis: 5 orang (Perindagkop dan UKM, PU dan Penataan Ruang, Lingkungan Hidup dan Kebersihan, DPMPTSP, Pol PERATURAN PEMERINTAH)