Spread the love
  • KOMPONEN DELIVERY
  • Persyaratan

Permohonan izin baru

  1. Nomor Induk Berusaha [NIB];
  2. Fotokopi akta pendirian perusahaan dan perubahannya yang telah disahkan oleh pengadilan negeri setempat, khusus Perseroan Terbatas disahkan Kemenkumham
  3. Daftar susunan pengurus / penanggung jawab perusahaan
  4. Fotokopi Sertifikat  Ketrampilan Teknis (SKT) yang sudah dilegalisir
  5. Surat pernyataan pimpinan perusahaan yang menunjukan tenaga teknik perusahaan sebagai penanggung jawab teknik perusahaan
  6. Neraca perusahaan terbaru, untuk gred 5, 6 dan 7 neraca perusahaan harus diaudit oleh akuntan publik dan menunjukan surat keterangan audit dari akuntan publik
  7. Fotokopi Sertifikat Badan Usaha dengan menunjukan aslinya
  8. Fotokopi SIUP dan TDP
  9. Daftar peralatan teknis minimal
  10. Latar belakang pendidikan PJT (Penangggung Jawab Teknis) sesuai dengan ketentuan sebagai berikut:
  11. Untuk perusahaan jasa perencana dan jasa pengawasan kualifikasi kecil maupun nonkecil maka PJT harus berpendidikan S1 sesuai dengan bidang keahliannya
  12. Untuk perusahaan jasa pelaksanaan konstruksi kualifikasi kecil maka PJT bidang usaha arsitektur atau sipil atau tata lingkungan menggunakan sertifikat keahlian (SKA)/SKT dengan tingkat pendidikan STM yang berlatar belakang teknis/arsitektur/sipil/teknik penyehatan dan untuk usaha mekanikal menggunakan SKA, SKT dengan tingkat pendidikan STM yang berlatar belakang teknik listrik atau teknik mesin
  13. Untuk perusahaan jasa pelaksanaan konstruksi kualifikasi non kecil maka PJT bidang usaha arsitektur atau sipil atau tata lingkungan menggunakan SKA/SKT dengan tingkat pendidikan S1 yang berlatar belakang teknis arsitektur / sipil / teknis penyehatan.

Perpanjangan izin

  1. Fotokopi SBU yang masih berlaku dan telah diregristrasi lembaga
  2. Fotokopi kartu penanggung jawab teknik
  3. Fotokopi SKA dan/atau SKT) dari PJT yang diregristrasi lembaga.
  4. Fotokopi KTP, SKT tenaga ahli/terampil bila terjadi pergantian pegawai.
  5. Surat pernyataan tidak masuk dalam daftar hitam yang ditandatangani penanggung jawab utama badan usaha.
  6. Surat pernyataan telah melakukan kegiatan konstruksi yang memuat nomor kontrak, jenis pekerjaan, lokasi, tahun terakhir.
  7. Daftar peralatan perusahaan
  8. Sertifikat IUJK asli.

Perubahan data

  1. Fotokopi akta perubahan Fotokopi sertifikat badan usaha (SBU) yang masih berlaku untuk perubahan klasifikasi dan kualifikasi usaha SBU yang masih berlaku untuk perubahan klasifikasi dan kualifikasi usaha.Daftar peralatan perusahaan IUJK asli.

Penutupan Izin

  1. IUJK asli
  2. Surat pajak nihil
  3. SIstem, Mekanisme dan Prosedur
  4. Pemohon mengambil nomor antrian;
  5. Pemohon menyerahkan kelengkapan berkas kepada petugas loket;
  6. Pemohon menunggu verifikasi berkas oleh petugas;
  7. Pemohon menerima tanda terima berkas dari Petugas Lokat;
  8. Pemohon membayar ke loket;
  9. Pemohon mengambil Izin di loket pengambilan
  10. Jangka waktu Penyelesaian

Paling lama 4 (empat) hari kerja

  • Biaya
Biaya PT CV, Fa
IUJK Baru Rp. 1.500.000,- Rp. 250.000,-
IUJK Perpanjangan/perubahan Rp. 3.000.000,- Rp. 500.000,-
IUJK Heregistrasi Rp. 250.000,- Rp. 100.000,-
  • Produk Pelayanan

Surat izin usaha jasa konstruksi

  • Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan

Hp  : 0822 3720 4273, Email : kpptngada@gmail.com, website : dpmptsp.ngadakab.go.id

  • KOMPONEN MANUFACTURE
  • Pengertian dan Ruang Lingkup

Izin Usaha Jasa Konstruksi  adalah Izin yang diperlukan bagi orang pribadi atau badan yang menyelenggarakan usaha jasa konstruksi [perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan] di seluruh wilayah RI yang diberikan oleh pemerintah daerah atau pejabat yang ditunjuk di tempat domisilinya.

Jenis usaha jasa konstruksi dimaksud diantaranya meliputi berbagai ;

[1] industri bangunan lepas pantai dan bangunan terapung, [2] konstruksi gedung tempat tinggal, [3] konstruksi gedung perkantoran, [4] konstruksi gedung industri, [5] konstruksi gedung perbelanjaan, [6] konstruksi gedung kesehatan, [7] konstruksi gedung pendidikan, [8] konstruksi gedung penginapan, [9] konstruksi gedung tempat hiburan dan olahraga, [10], konstruksi gedung lainnya, [11] pemasangan bangunan prafabrikasi untuk gedung, [12] konstruksi jalan raya, [13] konstruksi jembatan dan jalan layang, [14] konstruksi landasan pacu pesawat terbang, [15] konstruksi jalan rel dan jembatan rel, [16] konstruksi terowongan, [17] pemasangan bangunan prafabrikasi untuk konstruksi jalan dan jalan rel, [18] konstruksi jaringan irigasi, [19] konstruksi bangunan pengolahan, penyaluran dan penampungan air minum, air limbah dan drainase, [20] konstruksi bangunan elektrikal, [21] konstruksi telekomunikasi sarana bantu navigasi laut dan rambu sungai, [22] konstruksi telekomunikasi navigasi udara, [23] konstruksi sinyal dan telekomunikasi kereta api, [24] konstruksi sentral telekomunikasi, [25] pembuatan/pengeboran sumur air tanah, [26] konstruksi jaringan elektrikal dan telekomunikasi lainnya, [27] pemasangan bangunan prafabrikasi untuk konstruksi jaringan saluran irigasi, komunikasi dan limbah, [28] konstruksi bangunan prasarana sumber daya air, [29] konstruksi bangunan pelabuhan bukan perikanan, [30] konstruksi bangunan pelabuhan perikanan, [31] konstruksi bangunan pengolahan dan penampungan barang minyak dan gas, [32] pengerukan, [33] konstruksi bangunan sipil lainnya ytdl, [34] pemasangan bangunan prafabrikasi untuk konstruksi bangunan sipil lainnya, [35] pembongkaran, [36] penyiapan lahan, [37] instalasi listrik, [38] instalasi telekomunikasi, [39] instalasi navigasi laut dan sungai, [40] instalasi navigasi udara, [41] instalasi sinyal dan telekomunikasi kereta api, [42] instalasi sinyal dan rambu-rambu jalan raya, [43] instalasi elektronika, [44] instalasi saluran air (plambing), [45] instalasi pemanas dan geotermal, [46] instalasi minyak dan gas, [47] instalasi pendingin dan ventilasi udara, [48] instalasi mekanikal, [49] instalasi meteorologi, klimatologi dan geofisika, [50] instalasi konstruksi lainnya ytdl, [51] pengerjaan pemasangan kaca dan alumunium, [52] pengerjaan lantai, dinding, peralatan saniter dan plafon, [53] pengecatan, [54] dekorasi interior, [55] dekorasi eksterior, [56] penyelesaian konstruksi bangunan lainnya, [57] pemasangan pondasi dan tiang pancang, [58] pemasangan perancah (steiger), [59] pemasangan atap/roof covering, [60] pemasangan kerangka baja, [61] penyewaan alat konstruksi dengan operator, [62] konstruksi khusus lainnya ytdl, [63] aktivitas arsitektur, [64] aktivitas keinsinyuran dan konsultasi teknis ybdi.

  • Dasar Hukum
  • Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik
  • Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2010 Tentang Ijin Mendirikan Bangunan
  • Peraturan Menteri  Pekerjaan Umum Nomor  8 Tahun 2011 Tentang Kualifikasi Usaha Pekerjaan Konstruksi
  • Sarana, Prasarana dan/atau Fasilitas

Ruang tunggu yang memadai, toilet, lapangan parkir, mobil dan motor dinas, lemari dokumen, meja dan kursi, ruangan arsip, rak arsip, AC, komputer dan sistem jaringan, internet, alat tulis kantor.

  1. Kompetensi pelaksana
  2. Memahami Peraturan Perundang-undangan yang berlaku
  3. Memahami orientasi pengembangan wilayah, teknik sipil, teknik arsitektur, dan meknaika konstruksi
  4. Mampu mengoperasikan komputer
  5. Mampu bekerja secara tim
  6. Berkeahlian di bidang:teknik perencanaan wilayah, tata ruang, lingkungan dan pembangunan.
  7. Jumlah Pelaksana
  8. Front office,(petugas loket penerimaan berkas): 1 orang
  9. Back office,(petugas pencetakan dokumen): 1 orang
  10. Back Office, atasan langsung yang berkewenangan (Kasie, Kabid, KTU): 3 orang
  11. Back Office, Adminisrator (tata usaha dan arsip: 1 orang), (operator komputer: 1 orang)
  12. Tim teknis:4 orang ([1] Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, [2] Perumahan Rakyat, kawasan permukiman dan pertanahan, [3] perencanaan pembangunan, penelitian dan pembangunan daerah, [4] DPMPTSP